Kerancuan Penyebutan E Pepet dan E Taling Istilah Pemerintah

Selasa, 30 Oktober 2012 | komentar (1)


Inilah Contoh Salah Kaprah dalam Pengucapan Bunyi Huruf [E]

Silakan coba baca akronim berikut: MENLU, WAMEN, NASDEM, SEKKAB, MENSESNEG!

Jabatan (politis) baru dalam Kementerian adalah dengan hadirnya Wakil Menteri yang disingkat Wamen. Tetapi banyak orang termasuk pemerintah dan jurnalis menyebutkan akronim Wamen salah kaprah. Pasalnya huruf [e] dalam Wamen seperti diucapkan seperti dalam kata ‘eja’ alias bukan bunyi [e] pepet seperti dalam kata ‘penat’. 

Buktinya, semua huruf [e] dalam kata ‘menteri’ diucapkan seperti pada kata ‘embun’ dan tidak ada huruf [e] yang diucapkan seperti pada kata ‘merah’. Begitu juga dengan pengucapan akronim semua menteri dengan bunyi ‘e’ taling atau seperti dalam kata ‘eka’. Mendagri, Menlu, Menkumham, Mensesneg dan semua Men-, faktanya Men- berasal dari kata ‘Menteri’ yang semua bunyi huruf [e] dengan ‘e’ pepet seperti dalam kata ‘elang’.  

Partai baru yang telah lolos verifikasi KPU tahun 2012 ini ialah Partai Nasional Demokrat atau disingkat Nasdem. Tetapi banyak juga yang salah sebut bunyi huruf [e] pada akronim Nasdem. Setali tiga uang, huruf [e] ini diucapkan seperti dalam kata ‘entah’ atau /e/ pepet. Padahal, huruf [e] pada kata ‘demokrat’ diucapkan seperti pada kata ‘erosi’. Sehingga, penyebutan huruf [e] dalam akrnoim Nasdem diucapkan seperti dalam kata ‘emosi’.

Huruf [e] dalam kata ‘Sekretaris’ dibaca seperti kata ‘era’ bukan dalam kata ‘emas’. Tetapi dalam pengucapan sehari-hari akronim SEKKAB, SESNEG, MENSESNEG sering salah diucapkan, yakni dengan ‘e’ taling seperti dalam kata ‘eka’.     

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
28 Maret 2013 09.54

Kesalahkaprahan berbahasa membuat kita salah kaparah dalam bersikap. Tidak saja secara fonetis, kesalahkaprahan kita secara semantik juga sering terjadi. Ungkapan "mengejar ketertinggalan" contohnya. Bagaimana kita mau maju kalau kita malah mengejar ketertinggalan?

Poskan Komentar

 
© 2012 Bahasa, Budaya, Penerjemahan - Ridwan Arifin

Template : Mas Template
Edited :
Toko Online Perlengkapan Haji dan Umrah
BERANDA | KEMBALI KE ATAS