Apa artinya Copas, Donlot dan Delcon?

Kamis, 10 Januari 2013 | komentar (3)


Gejala Bahasa dalam Media Komunikasi: Copas (kopas), Donlot, Uplot dan Delcon (Delkon)

Dunia teknologi semakin berkembang pesat bersamaan dengan muncul pesatnya kosakata baru. Kosakata baru tersebut digunakan secara ‘liar’ di kalangan penggila pemakai teknologi dan telepon pintar (smart phone).

1.  Copas
Nah, kata tersebut ialah Copas atau dibaca kopas singkatan dari copy paste atau salin dan tempel. Biasanya terjadi ketika seseorang ingin menyalin suatu teks atau dokumen dan ditempel di media aplikasi lain. Disarankan, ungkapan itu dapat kita sebut ‘sapel’ yang artinya ‘salin tempel’.

2.Donlot
Kedua, kata ‘download’ dan ‘upload’ kerap kali langsung diserap dan dipakai menjadi ‘donlot’ dan ‘uplot’. Padahal, padanan untuk kata tersebut sudah terekam dalam KBBI IV 2008, yakni ‘unduh’ dan ‘unggah’.

3. Delcon
 Pengaruh bahasa Inggris di ponsel pintar pun merasuki pemakainya, seperti ketika ingin menghapus salah satu data kontak teman kita. Mereka dengan mudah menyebut ‘delcon’ dibaca /delkon/ alias ‘delete contact’. Sebaiknya kita gunakan hapus kontak, memang terdengarnya kurang nyaman.  
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

16 Maret 2018 pukul 10.58

Makasih infonya gan..

4 Agustus 2018 pukul 18.22

Gw kira copas itu cowok pas Pasan 😂😂

20 Agustus 2018 pukul 23.58

Iya sama aja... Gw kira pun begitu. Kadang bingung sendiri ane.. "Ketik aja jawaban nya nanti aku tinggal copas.? Asli.. Kl tau dari awal artinya.. Artinya wanita itu nerima gw.🤣🤣🤣

Posting Komentar

 
© 2012 Bahasa, Budaya, Penerjemahan - Ridwan Arifin

Template : Mas Template
Edited :
Toko Online Perlengkapan Haji dan Umrah
BERANDA | KEMBALI KE ATAS