ARTI KATA REMEDIAL

Rabu, 25 April 2012 | komentar


Penyimpangan Makna Kata REMEDIAL

             Ujian Nasional yang akan tetap dilaksanakan bulan Maret 2010 mendatang mengakibatkan banyak murid merasa terbebani dan stress. Padahal, gugatan tentang Ujian Nasional ini sudah dimenangkan oleh Mahkamah Agung untuk melarang UN. Buktinya banyak murid yang mengikuti ujian harian di sekolah harus ujian ulang karena nilai mereka di bawah SKM.  Akhirnya guru pun menyuruh murid yang tidak lulus untuk ikut remedial. Kata remedial sudah mengalamai penyimpangan makna yang jauh dari aslinya.
             Tahukah Anda arti dari remedial? Dalam kamus Bahasa Inggris-Indonesia John M. Enchols dan Hassan Sadilly, remedial berarti yang berhubungan dengan perbaikan.  Contohnya remedial measures usaha-usaha/tindakan-tindakan perbaikan atau remedial reading perbaikan membaca. Ini tidak dimaksudkan untuk ujian di bawah SKM yang diulang seperti yang terjadi di setiap sekolah saat ini.
            Selain itu, dalam Oxford Dictionary 2009 remedial yang merupakan kelas kata sifat, berarti giving or intended as a remedy dan provided or intended for children with learning difficulties atau pemberian perbaikan dan diperuntukkan bagi anak yang memiliki kesulitan belajar. Kita bisa golongkan suatu bimbingan belajar merupakan tempat remedial bagi murid setelah jam belajar di sekolah.
             Parahnya lagi, dalam KBBI edisi ketiga sudah sangat jelas, kata remedial sudah diserap menjadi bahasa Indonesia memiliki arti berhubungan dengan perbaikan dan pengajaran ulang bagi murid yang hasil belajarnya jelek.
             Kalau memang boleh, saya menyarankan para pendidik baik di sekolah maupun di Depdiknas untuk menggunakan (kembali) istilah ujian susulan atau ujian ulang dikarenakan nilai yang di bawah standar kelulusan ketimbang remedial. Kita berharap untuk lebih memerhatikan (lagi) penggunaan bahasa Indonesia kita agar tidak terkesan centang-perenang, bukan begitu?

30 November 2009

Share this article :

Poskan Komentar

 
© 2012 Bahasa, Budaya, Penerjemahan - Ridwan Arifin

Template : Mas Template
Edited :
Toko Online Perlengkapan Haji dan Umrah
BERANDA | KEMBALI KE ATAS