Mengapa disebut Jakarta Fair?

Jumat, 15 Juni 2012 | komentar (1)


Jakarta Fair dan PRJ


Mengapa lebih senang menyebut 'JAKARTA FAIR' daripada 'PEKAN RAYA JAKARTA (PRJ)'? Perhelatan terbesar di Indonesia ini dibuka oleh Presiden RI pada malam hari tanggal 14 Juni 2012. Berkali-kali Ketua Panitia PRJ Ibu Dra. Hartati Murdaya mengucapkan Jakarta Fair, bahkan logo PRJ menjadi JAKARTA FAIR 2012. Setali tiga uang, mengapa namanya Tour d' Singkarak? Padahal, perhelatan akbar lomba balap sepeda ini berlokasi di Sumatera Barat, Indonesia, bukan di Prancis.
Pada Kenyataannya, lomba balap sepeda di Prancis disebut Tour d' France, makanan terkenal dari Italia dikenal Pizza, Spaghetti, minuman alkohol Jepang terkenal di dunia ialah Sake, seni tari singa dan naga dari China dikenal luas dengan Barong Sai, dan festival sejenis pengucapan syukur dan terima kasih di AS dan Kanada dinamakan Thanksgiving.
Perlu diingat, suatu negara maju bukan berhasil karena bahasa asingnya, tapi justru mempertahankan bahasa dan budayanya sendiri.
Di sisi lain, saya sangat bangga dan salut buat Provinsi Bali yang sedang mengadakan perhelatan Pesta Kesenian Bali 2012, tanpa meng-Inggris-kan nama acaranya. Sebaiknya, untuk makanan, minuman, kesenian, musik, tarian tradisional asli asal Indonesia tidak diterjemahkan. Melainkan menggunakan teknik Penjelasan Konsep atau penjelasan bedasar konteks (Contextual Conditioning). Seperti gado-gado, ketoprak, gamelan, Kecak, jangan diterjemahkan. Untuk Tari Kecak Bali menjadi Fire Dance dan Wayang Kulit Jawa menjadi Shadow Puppets. Biarlah nama-nama tersebut mendunia dengan bahasa dan budaya aslinya.


Share this article :

+ komentar + 1 komentar

15 Juni 2012 16.00

dalam KBBI IV 2008
pe·kan n 1 pasar: mereka pergi ke -- membeli sayuran; 2 minggu (7 hari): harapanku dia datang -- ini;
-- budaya pameran kegiatan kebudayaan selama sepekan; -- raya pasar malam besar dan bermacam-macam pameran (baik dr dl negeri maupun luar negeri) dan pertunjukan: pd setiap peringatan hari ulang tahun Jakarta diadakan -- raya Jakarta; -- seni pameran kegiatan kesenian selama sepekan

Poskan Komentar

 
© 2012 Bahasa, Budaya, Penerjemahan - Ridwan Arifin

Template : Mas Template
Edited :
Toko Online Perlengkapan Haji dan Umrah
BERANDA | KEMBALI KE ATAS