PROYEK KTP

Jumat, 04 Mei 2012 | komentar (3)


KTP ELEKTRONIS



Menurut pantauan KOMPAS, proyek EKTP dikerjakan dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai pada 2011 dan berakhir 30 April 2012 yang mencakup 67 juta penduduk di 197 kabupaten/kota. Tahap kedua dilakukan di 300 kabupaten/kota lain di Indonesia sepanjang 2012 untuk 105 juta penduduk. Secara keseluruhan, pada akhir 2012, setidaknya 172 juta penduduk sudah memiliki EKTP.
Sekarang kita terbiasa mengatakan bus TransJakarta dengan Busway. Ayo kita naik Busway! Nah, tidak heran, masyarakat akan tetap menyebut kartu identitas yang baru dan canggih ini dengan sebutan EKTP Apa itu EKTP (baca: i Ka Te Pe)?
Sebaiknya penyebutannya menjadi KTP Elektronis bukan KTP Elektronik dan bukan pula disingkat EKTP melainkan KTPE. Dalam KBBI IV tahun 2008, Elektronik tergolong kata benda/nomina yang berarti alat yg dibuat berdasarkan prinsip elektronika; hal atau benda yg menggunakan alat-alat yg dibentuk atau bekerja atas dasar elektronika. Sementara, Elektronika ialah cabang fisika yang mempelajari pemancaran, perilaku, dan dampak elektron serta alat-alat yg menggunakannya. Sedangkan, pola frasa dalam Bahasa Indonesia yakni Diterangkan-Menerangkan atau D-M.
Jadi, lebih baik kita sebut kartu ini dengan KTP Elektronis atau KTP E. Tersua lema Elektronis sebagai kata sifat yakni  berhubungan dengan elektron; ada hubungannya atau bersangkutan dengan elektronika.
Mudah-mudahan kita bisa memesan Pulsa Elektronis ketimbang Pulsa Elektrik karena Elektrik bermakna dan bersinonim dengan Listrik. Mari kita biasakan berbahasa yang baik, benar dan berlogika!
Lantas, bagaimana dengan E-Toll Card? Semoga pemerintah dapat meluncurkan produk kartu Tol Elektronis dengan sukses agar jalan tol benar-benar jalan bebas dari hambatan bukan jalan bebas hambatan.
Berbahasa=Berlogika=Berbudaya=Beretika

4 Mei 2012

Share this article :

+ komentar + 3 komentar

5 Mei 2012 21.19

waduuhhh...... eeee.. ternyata KTPE yah?! :)

1 Juni 2012 15.35

yoi bozz....makanya, pemerintah sebenarnya sebagai agen tuntunan (awal mula) Bahasa Indonesia yang baik, benar dan masuk akal..iya gak???heheh

25 Juli 2014 15.48

Senang rasanya bisa berkunjung ke website anda" mudah-mudahan
infonya bermanfaat Terimakasih sudah berbagi

Poskan Komentar

 
© 2012 Bahasa, Budaya, Penerjemahan - Ridwan Arifin

Template : Mas Template
Edited :
Toko Online Perlengkapan Haji dan Umrah
BERANDA | KEMBALI KE ATAS