WAMEN dan ANARKIS

Rabu, 25 April 2012 | komentar


Anomali Pemakai Bahasa Indonesia

Akhir-akhir ini Bapak Denny Indrayana sebagai Wakil Menteri Hukum dan Ham (Wamenkumham) sangat aktif melakukan inspeksi mendadak atau sidak yang meninmbulkan pro dan kontra. Namun sayang, penyebutan akronim Wamen untuk Wakil Menteri banyak yang keliru. Para Jurnalis (wartawan, reporter, pembaca berita, kontributor dsb.) bahkan kita, acap kali mengucapkan 'WAMEN' dengan bunyi /e/ dalam kata 'eja', 'lebar', 'paten'. Padahal, bunyi /e/ untuk kata 'WAMEN' harusnya seperti /e/ dalam kata 'emas', 'beras', 'jelas' atau dikenal e pepet, karena Wa untuk wakil dan Men untuk Menteri.
Diperparah lagi dengan berita demonstrasi kenaikan harga BBM. Banyak judul berita menuliskan DEMO MAKIN BRUTAL DAN ANARKIS. Kenyataannya, anarkis ialah (nomina orang) penganut paham kekerasan/ kekacauan, orang yang melakukan kekacauan di suatu negara. Sementara, kata anarkistis yakni (kata sifat) bersifat anarki. Asalnya dari kata anarki berarti (nomina) kekacauan di suatu negara. Untuk suatu paham/ ajaran menentang setiap kekuatan negara disebut anarkisme. Jadi, sebaiknya untuk penulisan judul berita atau apapun bentuknya diharapkan “DEMO MAKIN BRUTAL DAN ANARKISTIS”
Dalam suatu percakapan, sering terdengar "Do you speak BAHASA?" Mengapa orang lebih suka menyebut Bahasa Indonesia dengan "Bahasa"? Seharusnya "Do you speak Indonesian?" Nyatanya, arti Bahasa ialah sistem lambang bunyi yang arbitrer, digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri; percakapan (perkataan) yang baik; tingkah laku yang baik; sopan santun (KBBI Edisi IV). Bahasa diterjemahkan ke Bahasa Inggris menjadi “language” (berdasar Indonesian-English dictionary by John M Echols 3rd edition p.41) contoh: English = Bahasa Inggris, Russian = Bahasa Rusia dsb. Nah, jadi pakailah "I speak Indonesian" ketimbang "I speak Bahasa".

9 April 2012


Share this article :

Poskan Komentar

 
© 2012 Bahasa, Budaya, Penerjemahan - Ridwan Arifin

Template : Mas Template
Edited :
Toko Online Perlengkapan Haji dan Umrah
BERANDA | KEMBALI KE ATAS